Minggu, 17 Maret 2013

PKL Pertama ke Loksado (Kanada) | Tempat wisata Loksado pemandian air hanget "kanada"

Berawal dari sebuah tugas kuliah saya dan teman-teman melakukan kegiatan PKL ke deirah kecamatan Loksado “Kanada”  Kabopaten HSU ( hulu sungai selatan ), Opsss bukan Kanada yang di luar Negeri itu loch,,, di sini kata kanada yang berati “Kandangan Dalam” PKL untuk salah satu mata kuliah ini merupakan PKL pertama di awal masuk kuliah yaitu tahun 2010. Saya sebagai mahasiswa baru siehh mana tau apa dan bagaimana kegiatannya !!!, PKL itu ngapain aja, ya saya ikut2 saja. Kami dan teman-teman pada saat itu menggunakan sarana transportasi kendaraan roda dua ( sapida motor ), tapi ada juga yang lain menggunakan mobil L300.
( Awal Keberangkatan kami, starnya di Muka GSG kampus Unlam Banjarmasin )
Kami berangkat kira-kira jam 8 pagi, perjalanan yang cukup melelahkan, bayangin aja naik sepeda motor  berombongan sama teman perjalanan yang sangat jauh, yang menghabiskan waktu berjam-jam. :D apa lagi yang menyetir “manunggang kendaraan” hoohhhh . . . . Sudah gak bisa di bayangin dach, “lapah A’a ae” ...... tapi saya dg teman 1 motor 2 oarang jadi bisa gantian yang Joki nya, jadi rasa penatnya bisa di kurangin. DI Saat perjalan tidak jauh dari star, yaitu di Poltabes Banjarmasin saat itu ternyata dan ternyata pemirsaahhh . . . . . “Ada rajia kelengkapan kendaraan bermotor’’. Tapi saya sebagai penggu jalan yang baik tentunyakan lengkap pastinya cuman pemeriksaan STNK,SIM dan Tampang cakep doank ( Viss Becanda Pa Polisi ) setelah pemeriksaan di Poltabes itu saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan, dan saat di tengah-tengah perjalana sesaat kami kepenatan dalam perjalana sesekali kami berhenti untuk beristirahat sambil memulihkan tenaga sang Joki ,,,, Ceaaahhh Bahasanya Gaulll abisss “sang joki” hahhahahaaa  . . . . .
Biasa lach sambil beristirahat sebentar sambil Ber’Narcis-Narcis ria bersama teman-teman Foto2 bareng gitochhhh lochhhhh :D Visssssssssssssssssssssssss . . . . . . .

( Waktu istirahat di pertengahan perjalanan menuju Kanada )
Setelah beberapa saat kami istirahat kami pun melanjutkan perjalanan, singkat cerita kami sampai di kota Kandangan kira-kira jam 14 sore :D ~.~ gak kerasa ea, yang namanya manusia perlu makan juga kan, nah saat sampai kota  Kandangan ini saya dan teman-teman langsung mampir di warung  Ketupat Kandangan, yang merupakan makanan Khas kandangan tersebut selain Dodol kandangan, kelalahan pun terasa hilang setelah terbayar dangan makan ketupat kandangan,iwak haruan + tes Es “maknyussssss pokoknya sedapppppppp” banyangin aja perut laper dari Banjarmasin gak ada makan, 1 piring nambah pokoknya :D:D:D...... hampir setengah jam kami di warung ketupat kandangan tersebut, kami pun melanjutkan perjalanan yang mana perjalanan menuju lokasi PKL masih jauh pemirsahhhh..... Berhubung saya tidak tau juga tempatnya itu di mana jadi saya ikut rombongan saja bersama yang lainnya, tapi untungnya  ada salah s’orang teman kami serang penduduk setempat namanya” hendri”, jadi dia kalau masalah jalan dia pasti tau. Kami pun tenang-tenang saja :D  kami terus dan terus berkendara menuju lokasi, yang mana jalanya yang turun naik gunung serta tikungan yang tajam setajam siliet heee, “malangnya salah s’orang teman kami  kecelakaan namanya “Ridan dan Yovi” tapi syukurlah tidak terjadi apa-apa “Alhamdulillah” tp sedikit licit2 juga sih :D Tapi masih bisa melanjutkan perjalanan kok,,, dan tak berselang sejam berikutnya teman saya yang lainya mengalami rusak kendaraan yaitu si “Darso dan Miftah”,,, Alhamdulillah juga tidak terjadi apa-apa, cuman putus riil besi rem belakang, untungnya ada bengkil di sekitar situ, kerusakan pun bisa di perbaiki dengan sesegara pemirsahhhh :d .......
( Memperbaiki salah satu kendaraan teman yang rusak )
Saya dan teman-teman pun sesegera memperbaiki dan menggati peralatan yang rusak, tidak berselang waktu yang lama kendaraan pun sudah bagus dan bisa di pakai untuk melanjutkan perjalanan kembali  dan kami pun hampir mendakati lokasi hal itu di tandai dengan gapura perbatasan loksado, saya dan teman-teman berhanti sebentar sembari menuggu teman-teman yang lain yang masih ketinggalan di belakang.
( Perbatasan Loksado )
Setelah teman-temanya sudah terkumpul semua kami pun lanjut lagi, yang kata salah se’orang teman lokasinya sudah dekat mungkin beberapa menit lagi sampai “hati pun merasa senang ketika mendengar percakapan teman itu” . berselang melanjutkan perjalanan beberapa menit kami pun sampai ketujuan yaitu kira-kira jam 16 sore waktu setempat :D
Oooo Capekkkkkk “sakit burit baduduk di kendaraan” kami pun beristirahat beberapa menit,setelah badan terasa enak kembali kami pun melakukan aktifitas PKL, dan yang mana Dosen kami menerangkan bagaimana kejadian masa dulu ( masa penjajahan ) di wilayan tersebut, yang mana di situ dibangunlah sebuah Tugu Proklamasi kal-sel .
( Tugu Proklamasi kal-sel, Ni'ih)
Disitu saya dan teman-teman mendapat penjelasan mengenai tugu tersebut dari s’orang dosen pembimbing kami,dan saya banyak tahu tentang sejarah kel-sel,  yang mana betapa kejamnya pada jaman dahulu negara kita Indonesia khususnya kalimatan selatan di jajah oleh bangsa asing, saya yang hidup di masa sesudah penjajana merasa beruntung tidak merasakan pahitnya kejamnya  penjajah. Kami pun disitu di tugu tersebut bersama yang lainya mengheningkan cipta, menyisipkan do’a untuk mendo’akan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang tidak ternilai harganya. “ semuga para pahlawan tersebut yang telah gugur di waktu itu mendapat tempat yang layak di sisiNya, Aminnn”

( Foto2 di sekitar tugu Proklamasi kal-sel )
Setelah sejenak kami mengheningkan cipta di tempat tersebut, kami pun melakukan Napaktilas ( berjalan kaki ) hari pun menujukan jam 15 sore kami melakukan perjalanan kaki yang mana jalan yang di jalani adalah jalan setapak naik turun gunung serta liku-liku dan jurang yang terjal, untungkanya cuaca pada saat itu bersahabat, perjalan dari sore hari itu berlanjut ke malam hari yang mana hanya berbekal sinter saja suasana yang gelap gulita itu pun di jalani di tengah hutan dan gunung, dalam perjalanan rasa takut pun ada, bayangin saya berjalan di tengah hutan yang sunyi senyap itu, walaupun di saat itu yang melakuan perjalan itu kurang lebih 200 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan di saat perjalanan.

( Numpang narcis teman2 perempuan yang ikut )
kaki saya terasa sakit sekali mungkin itu efek dari jalan kaki turun naik gunung yang cuman beralaskan sendal jepit “NIPON” saja, dan tidak di bayangkan para perempuannya bagaimana merika, dan ada beberapa perempuan dari teman saya sudah sangat kecapean mungkin, dia pun di gendung dari salah s’orang teman yang lain. Sesakali kami pun duduk sejenak untuk memulihkan tenaga sambil makan makanan perbelakan yang ada ( roti seribuan :D ) yahhh lumayan lach dari pada keleparan.... Yang uniknya di saat perjalan sesekali kami mendapati rumah  Orang di tengah huta yang jaraknya sangat berjauhan dari rumah-rumah yang lainnya, alat penerangan merika pun seadaanya dari lampu minyak tanah ( lampu duduk ).
Jam pun jam 22 Malam keadaan jalan setapak pun semakin gelap kaki tambah sakit serasa mau cupoet copiet ( handak patah batis unda ) yang mana sesekali dalam perjalanan kaki tersebut terpelisit, gunung  yang tinggi di daki dengan jalan kaki sesekali menyebrangi jemtatan gantung yang mana jemtantan gantung sudah sangat tua dan tidak bisa di sebrangi sekaligus banyak orang “tutur warga setempat” di khwatirkan roboh, maka kami pun menyebrang satu persatu. Pokonya saya dan teman-teman yang ikut pada waktu itu sangat berkesan dan pasti memiliki pengalaman menarik masing-masing.
Jam 1 dinihari kami pun sampai di sebuah Rumah adat Dayak yang mana dijadikan kami sebagai tempat penginapan, sesampai di rumah adat tersebut saya dan teman-teman tidak berpikir panjang lagi sesegera mengambil sarung di dalam tas masing-masing dan tidur suasanya pun sangat sunyi karena semuanya tertidur yang terdengar hanyalah sesekali suara jangkring dan suara salah s’orang teman yang ngorok krookkk,kroookkkk,krookkkkk ... hehhehehe siapakah  dia ????? $%$$%%%$

( Rumah adat Dayak Loksado )
Saking  Pulesnya tidur kami pun tidak merasa keusilan salah s’orang teman kami yang nge’foto kami saat saya dan yang lainnya tidur.
Ya beginilah pemirsahhh kalau mau liat  fotonya :D sorry nama2 d sensor #$% ea :D “takut orangnya ntar marah, hehheheheheheee........ Viss ea kalu yg ada d’foto nge baca :D. Namanya aja orang habis kecepiean makanya tidurnya muless banget ( janak guringnnya ) di tambah cuacanya yang dinginnnnnnnnnnnnnnnnnn sangatttttt pemirsaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.................
Tingg,Tounggg,Tinggg,Tungg . . . . . . . .  Bangunn, Uyyyy Bangunnn . . . . . Gak kerasa waktu pun terasa singkat serasa 5 menit tidur sdh pagi :D, setelah pagi hari badan yang tadi malam pegal-pegal pun rada mendingan agak berkurang. Jam menunjukan jam 6:30 pagi harinyapun mulai terang walapupun sedikit diselimuti kebut,,,,  Wowww Pagi hari yang sangat menajubkan “ Amazingggggg” lebay dikit ea :D udara yang sejuk dipagi hari dan keindahan alam serta isinya dengan ke asriaanya sangat indah seakan kelelahan perjalanan napaktilas semalaman tadi malam terbayar dengan keindahan alam sekitar. Och Betapa Indahnya Alam ciptaan mu Tuhan “Alhamdulillah” ,,,   sambil menikmati keindahan alam di Loksado di pagi hari itu ichh baru sadar ada sakit di kaki, setelah di periksa “jempol kaki lengsik dan kaki memar2  karena perjalanan tadi malam, tapi tak apalah ‘ Coekkk ae Unda . . . . . . . . . .
Saya dan teman-teman pun mengelilingi wilayan sekitar yang mana cuman ada beberapa rumah saja serta terlihat pusat kesehatan di situ.

Di Loksado ini merupakan tempat pariwisata juga lochhh,,,, yang mana tempatnya yang sangat indah saya yang baru pertama kali datang ke Loksado ini sangat terharu dengan keindahan alamnya yang indah, bebas polosi, kalau di bandingkan dengan Banjarmasin  beda banget,,, apalagi kalau dibandingkan dengan Ibu kota Indonesia jauhh bangettttttt,,, buat yang belum pernah ke sini buruan gak nyesel kok di jamin :d Suerrrrrr dechhh...... jalanya lumayan bagus juga di lengkapai parkiran mobil dan HOTEL ada juga loch.
Nahh buat yang lain pingen menenangkan diri pas banget kesini, bisa nginep juga :D Saya aja nginep loch semalaman, cuman gak di penginapan “Hotel
“ siehhhh hehehheheheheee.......... Dan Toris mancanegarapun berkunjung ketempat wisata Loksado ini loch Gak percaya ??? liat nech ftonya :d

Nahh,,, itu foto bareng sama Bole, hahahahaaa... lumayan gak harus ke bali foto2 sama Bole, di Loksado juga bisa loch, noch atep yang marwa merah Sebelah kanan itu adalah tempat Penginapan ( The Hotel )

Nahhh buat yang suka / hobi berarung jeram juga bisa di sini . bisa menggukanakan  Rakit ( yang terbuat dari mambu ) dan peratalat arung jeram lainya :d

Di Loksado itu ada juga pemandian Air Hangetnya jg lochhhhh ( Banyu Panas ) kolam berenangnya ada juga :D

Begitulah Cerita saya waktu ke Loksado “Kanada”  Melakukan bermacam hal napaktilas dan lain semacamnya bisa kita ambil hikmahnya berjalan kaki jauh2 sangat, begitulah para pejuang kita masa dahulu dalam mempertahankan RI tercinta kita ini, Alhamdulillah kita sebagai warga negara Indonesia sudah  Merdeka.
kita sebagai penerus Generasi Bangsa yang akan datang patutlah bersyukur. Serta berterimakasih kepada sang Pencipta yang memberikan keindahan alamNya kepada kita Untuk di pandang dan di nikmati hasilnya “Alhamdulillah” –

Udah dulu ea Capeckkk Ngetiknya . . . . . . . . . . .
Ada kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya mohon m’f dan kalau ada saran dan komentar silahkan komentar saja di kolom komentar.