Senin, 20 Mei 2013

Kerajaan Samudra Pasai


Kerajaan Samudera Pasai merupakan Kerajaan Islam Pertama di Indonesia. pada kesempatan kali ini Kumpulan Sejarah akan berbagi informasi mengenai Sejarah Kerajaaan islam pertama di Indonesia, Samudera pasai. Sejarah Kerajaan Samudera Pasai,didirikan oleh Sultan Malik Al-saleh dan sekaligus sebagai raja pertama pada abad ke-13. Kerajaan Samudera Pasai terletak di sebelah utara Perlak di daerah Lhok Semawe sekarang (pantai timur Aceh). Sebagai sebuah kerajaan, raja silih berganti memerintah di Samudra Pasai.

A. Pendiri

o Pendiri – Sultan Malik al Saleh (Marah Silu) – Abda ke-13 M

o Bukti-bukti adanya kerjaan :

a. Bertita Marcopolo dari Venesia yang pernah singgah di Sumatra dia menjumpai orang Islam.

b. Adanya batu nisa Malik al Saleh berangka thn 1297 M. Dia adalah raja pertama raja Samudra Pasai yg sebelumnya bernama Marah Silu. Setelah masuk Islam lah dia di beri gelar dan nama Syarif Ekah “Sultan Malik al Saleh”.

B. Letak

o Letak – di Kampong Samudra di tepi sungai pasai Sumatra Utara.

C. Raja-raja Samudra Pasai

Raja-raja samudra Pasai bergelar sultan. Gelar ini diberikan langsung Syekh Syarif Mekah yg waktu itu mengirimkan utusannya utk meng’Islamkan Merah Silu (Malik al saleh). Adapun raja2 yg pernah memerintah ialah :

1. Sultan Malik al Saleh (1292-1297)

2. Sultan al Malikush Zahir (1297-1326)

3. Sultan al Malikus Zahir II (1326-1348)

4. Sultan Zainal Abidin (1340)

5. Sultan Iskandar (1412)

Dari sekian raja2 tsb yg plng bnyk mlkun kegiatan ialah Sultan al Malikus Zahir II, beliau bnyk melakukan kegiatan khususnya ilmu pengetahuan dan membangkang kerajaannya. Beliau adalah s’org raja yg alim dan teguh imannya, menurut Ibnu Batutah dari Maroko yg pernah singgah di Pasai, Sultan Zahir II adalah:

a. Baginda sangat kuat imannya dg bermadzhab Syafii.

b. Sangat rajin mengejarkan agama dg bantuan guru agama.

c. Baginda menjadikan Pasai sbg pusat agama Islam dg kegiatan Ilmu pengetahuan dg madzhab Syafii. Sehingga Pasai menjadi pusat penyebaran agama Islam. Berkat Samudra Pasai daerah Minangkabau, Jambi, Malaka, Jawa dan deirah Indonesia lainnya mulai terpengaruh agama Islam. Bahkan Sampai ke Pattani Thailand.

d. Baginda memiliki armada yg bsr sehingga Pasai menjadi kota Bandar yg dikunjungi pedagang utk memperoleh barang dagangan spt rempah2, emas dll. Merika ada yg berasal dr Gujarat, Cina, Arab, dan Jawa.

e. Dalam pemerintahan beliau menganggat s’org qodil (Pejabat Tinggi). Setelah beliau wafat beliau mengalami kemunduran. Penggantinya yaitu Zainal Abidinm masih terlalu kecil dan belum mampu menjalankan roda pemerintahan. Sehingga pada masa Zainal Abidin inilah Samudra Pasai mengalami kemunduran / ditaklukan oleh kerajaan Siam dan Majapahit.

D. Keruntuhan Samudra Pasai

Pada masa masa Zainal abidin Samudra Pasai didera oleh berbagai sebuan dari pihak luar yg mengakibatkan kerjaan menjadi lemah dan akhirnya runtuh. Adapun sebab2 keruntuhan adalah:

a. Serbuan dari Siam

b. Serangan Majapahit

c. Serbuan dari Nakur (Aceh dalam)

d. Berdirinya Malaka

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India