Selasa, 28 Mei 2013

BUDAYA BARAT DAN BUDAYA TIMUR

BUDAYA BARAT 
Seperti yang kita ketahui Budaya Dan masyarakat adalah satu ikatan yang tidak bisa terpisahkan di mana ada sekumpulan masyarat maka di situlah muncul suatu kebiasaan yang di sebut budaya.

Negara kita indonesia di kenal sebagai salah satu negara yang memilki kebudayaan yang beraneka ragam, tentu kita harus bangga menjadi warga negara indonesia. tetapi bila kebudaayan itu lambat laun makin menghilang ataukah boleh saya katakan tertimpa oleh kebudayaan bangsa lain. Padahal bangsa kita indonesia memiliki hukum islam dan merupakan negara yang berlandaskan islam tetapi dengan adanya kebudayaan barat semakin menggeser posisi aturan islam itu sendiri,

apakah masih pantas kita bangga dengan negara kita.....??? yang dalam konteks negara itu sudah menggunakan budaya bangsa lain.

Tidak dapat di pungkiri bahwa budaya barat yang muncul di tengah-tengah masyarakat indonesia memiliki pengaruh penting tersendiri, baik pengaruh yang berdampak positif maupun pengaruh yang berdampak negatif, mari kita bahas bersamasatu per satu.a

Pengaruh Positif

Kita dapat menimba ilmu dari sisi positif budaya barat tersebut, antara lain:
Budaya barat lebih terbuka dalam segala hal ,
Orang barat memiliki kreatifitas yang tinggi dan mampu bersaing secara sportif,
Orang barat juga mempunyai sifat pekerja keras,
Mereka memiliki sifat toleransi yang tinggi walaupun mereka cenderung lebih individualisme,
Orang barat juga sangat disiplin.
Terjadinya pengenalan nilai mata uang (monetisasi). pengenalan nilai mata uang pada masyarakat Indonesia ini memang bukan suatu hal yang baru, namun pada zaman liberal ini mengalami perkembangannya yang pesat.
pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis.
Terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa.

Pengaruh Negatif

Segi Politik Ekonomi
System ekonomi sosialis dan kapitalis tidak dapat ditolak oleh Indonesia, sehingga upaya menghilangkan system ekonomi islam hampir berhasil dengan sempurna, penghormatan terhadap hukum riba misalnya, Peng-kreditan dan perpajakan telah di halalkan. Cengkraman perekonomian ini semakin kuat dengan cara damai, Investasi barat dan konsesi ekonomi menjadikan bangsa kita sebagai bangsa terjajah yang berkepanjangan. Dan sentuhan ekonomi kolonialisme dan kapitalisme lambat laun mengacaukan etika kehidupan.
Dominasi ekonomi barat sangatlah kuat, ekonomi syariah yang berabad-abad telah diterapkan mulai terpinggirkan kedaerah pedalaman di desa-desa terpencil. Dan kita pun mulai mencintai produk barat secara damai, tanpa berpikir bahwa kita akan ditelanjangi dari norma-norma dan aqidah islam
pada umumnya kita sendiri lebih suka membeli barang-barang produksi barat dari pada memakai hasil negara kita sendiri. karena bangsa kita umumnya tidak mengerti tentang mutu seni barang, dan hanya melihat kepada kemajuan teknologi dan budaya barat yang saat ini telah mendunia.
System ekonomi kita yang sangat keras, seakan tidak memberikan peluang bagi usaha kecil untuk berkembang. Prinsip ekonomi ini sangat bertentangan dengan prinsip ekonomi islam yang sangat memperhatikan aspek social dan keadilan.

Segi Pergaulan, Sosial, dan Budaya

jauh sebelum masuknya kebudayaan barat di negeri kita, bangsa kita adalah bangsa yang penuh rasa hormat dan norma-norma kesusilaan yang melekat baik dari budaya bangsa kita maupun dari aturan islam.

Tapi sekarang semua itu hanyalah kenangan belaka, pergaulan remaja sekarang telah tercemar dengan masuknya kebudaayan barat di negeri kita, Kita juga tidak dapat berpaling dari kenyataan penjajahan budaya barat, Bahwa bangsa ini selalu demam dengan trend-trend barat yang asusila.

Bila ada seorang remaja yang tidak mengikuti trend itu maka akan di katakan Out of date alias "cupu", padahal trend-trend itu belum tentu tidak melanggar aturan islam dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

BUDAYA TIMUR

Bangsa timur,
Di dalam Negara Indonesia,kita menganut bangsa ini.Antara bangsa barat dan timur sangatlah jauh berbeda.Dalam setiap bangsa tersebut memiliki ciri-ciri khas yang unik dan beragam.

Dalam hal ini saya akan menjelaskan budaya bangsa timur itu sendiri.

Bangsa timur memiliki rasa toleransi yang tinggi,di dunia bangsa timur dikenal dengan bangsa yang baik dan bersahabat. Bangsa timur identik dengan benua asia yang penduduknya sebagian besar berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, bermata sipit. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Namun di zaman yang sekarang ini orang timur kebanyakan meniru kebiasaan orang barat.

Mengapa demikian?Seiring dengan perkembangan budaya barat yang pesat secara tidak langsung memberikan dampak tersendiri untuk budaya timur.Pengaruh itu bisa datang dari mana saja.Yang paling mudah kita lihat dalam bidang musik dan perfilman.

2 Bidang tersebut sangat sukses di masa saat ini,banyaknya penggemar yang semakin bertambah secara perlahan mengubah kebudayaan bangsa timur itu sendiri.

Orang-orang mulai mengikuti cara mereka berpakaian,tingkah laku mereka,yang secara tidak langsung menghilangkan kebudayaan bangsa timur itu sendiri. Kebiasaan orang barat yang tidak sesuai atau bertentangan dengan kebiasaan orang timur dapat memengaruhi kejiwaan orang timur itu sendiri.
Kita tidak bisa selalu mengatakan budaya timur itu lebih baik daripada budaya barat , menurut saya situasi dan kondisi berperan sangat penting untuk menentukan berdasarkan budaya mana orang harus menyelesaikan suatu masalah. Kita dituntut untuk memiliki beberapa pertimbangan yang bersifat menyeluruh.

Dan dalam budaya timur itu sendiri terdapat dua jenis bahasa yang digunakan yaitu bahasa halus dan bahasa kasar. Bahasa halus biasanya digunakan untuk berbicara secara formal dan sopan yang ditujukan kepada orang yang lebih tua maupun kepada orang yang memiliki status sosial lebih tinggi, seperti antara karyawan dengan direktur perusahaan. Sedangkan bahasa kasar digunakan untuk berbicara sehari-hari yang lebih bersifat santai. Biasanya digunakan untuk berbicara kepada teman sebaya.

Bangsa timur memiliki adat istiadat yang sang sangat unik. Mereka sangat percaya terhadap hal-hal yang bersifat mistik, ghaib, dan berbau supranatural. Seperti di Indonesia tepatnya di Pulau Bali terdapat suatu upacara yang dikenal “ngaben” yaitu upacara pembakaran mayat yang dianggap merupakan upacara yang membawa kebaikan.

Contoh gambar budaya bali yaiu ngaben;

Didalam budaya timur,tradisi-tradisi yang ada terikat dengan sangat kuat dan sulit untuk dihilangkan.
Dan tidak hanya itu didalam pernikahan budaya timur,laki-laki memegang peranan yang sangat penting.

Menjamin keselamatan,kesejahteraan dalam keluarga tersebut.dan istri bisa bekerja atau bisa mengurus anak sesuai dengan kehendak suaminya.Sebagai seorang pemimpin tanggung jawab laki-laki sangat besar di budaya timur.

Dan dari hal-hal tersebut dapat dijelaskan bahwa budaya timur tidak liberal(bebas) seperti budaya barat.baik dalam berpakaian,adat istiadat,cara berbicara ada aturan-aturan tersendiri.
Dan adapun opini saya mengenai budaya timur itu sendiri adalah:

1.Budaya timur tidak sebebas budaya barat,yang menurut saya ini sangatlah positif, Budaya kita masih mengenal etika sehingga sangat patut untuk dicontoh.

2.Orang-orang budaya timur sangat terikat tradisi atau adat istiadat Mengenai hal ini bisa dikatakan positif atau negative, Mengapa?? menurut saya tak selamanya tradisi yang ada di masa lalu adalah tradisi yang baik,

Misalnya seperti tradisi yang berbau mistis,

Dan maaf jika menyinggung karena saya seorang muslim,ada aturan-aturan dalam agama saya yang melarang hal-hal yang berbau mistis.terlebih lagi tradisi tersebut menurut saya ada yang tidak diperlukan karena tidak adanya manfaat yang diberikan.

3.Dalam segi sosial pun bangsa timur terkenal ramah terhadap orang lain

Ini sangat positif dan merupakan kelebihan yang baik dari bangsa timur itu sendiri.

Karena kebiasaan inilah bangsa timur menjadi bangsa yang dihormati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India